Widih! Ini Besaran KIP Kuliah 2021

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 6 April 2021, 19:10 WIB

Ilustrasi Kartu Indonesia PintarIlustrasi Kartu Indonesia Pintar/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengubah skema Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang lebih tinggi. 

"Calon mahasiswa diharapkan bisa lebih merdeka dalam memilih program studi (prodi) unggulan yang diinginkan serta memilih daerah yang menjadi lokasi perguruan tinggi pilihannya tanpa ragu karena memikirkan mahalnya biaya pendidikan prodi dan indeks harga daerah," jelas Mendikbud Nadiem. 

Lebih lanjut Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan, untuk KIP Kuliah Merdeka di tahun 2021, pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2,5 triliun. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan anggaran tahun 2020, yakni Rp1,3 triliun. 

Baca juga: Berapa Lama KIP Kuliah Diberikan? Ini Penjelasan Rincinya

Pada tahun 2020, biaya pendidikan untuk penerima KIP Kuliah Merdeka disesuaikan dengan prodi yang dipilih dengan rata-rata besaran uang kuliah Rp2,4 juta per semester. Namun mulai tahun 2021, Kemendikbud membuat kategorisasi prodi menjadi tiga kategori berdasarkan akreditasi. 

Berikut ini rinciannya: 

Prodi akreditasi A    : biaya pendidikan diberikan maksimal Rp12 juta per semester.  

Prodi berakreditasi B : biaya maksimal Rp4 juta per semester.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemdikbud

tags
Artikel Rekomendasi
terkait