WIDIH! Indonesia Punya 2 Kapal Perang Baru

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 16 April 2021, 21:10 WIB

KapalWIDIH! Indonesia Punya 2 Kapal Perang Baru/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Indonesia menambah dua kapal perang baru bernama KRI Teluk Weda-526 dan KRI AT-9 pengangkut tank hasil produksi industri perlengkapan militer dalam negeri. 

Diketahui, nama KRI Teluk Weda diambil dari nama sebuah teluk yang terletak di Halmahera Tengah, Kecamatan Weda Tengah, Maluku Utara. Lokasi perairan itu terkenal dengan keindahan taman bawah laut yang menakjubkan dan kehidupan ikan yang melimpah, salah satunya spesies hiu kaki langka.

Sementara itu, nama KRI Teluk Wondama diambil dari daerah perairan yang terletak di kepala burung pulau Papua, yang merupakan surga terapung di sebelah destinasi wisata Raja Ampat.

Baca juga: Larangan Mudik 2021, Ini Persiapan yang Dilakukan Polri dan Pemda

Kedua kapal perang itu memiliki dimensi panjang keseluruhan (LOA) 117 M, lebar 16.40 m, tinggi 7.80 m, dan kecepatan maksimum 16 knots.

Kapal tersebut juga memiliki endurance 20 hari dan diawaki 111 orang kru serta mampu mengangkut 367 orang pasukan, 15 unit tank BMP 3 F, dan satu unit helikopter.

Baca juga: Imbang 0-0, Pelatih Persija Ungkap Taktik Gawangnya Tak Kebobolan PSM di Semifinal Piala Menpora 2021

Di lokasi peluncuran, Yudo menjelaskan, kebijakan negara dalam mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan laju perekonomian bangsa dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Khususnya, untuk melewati masa krisis ekonomi nasional sebagai akibat dari pandemi global Covid-19.***

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Indonesia.go.id

tags
Artikel Rekomendasi