Waspada! Zona Merah dan Oranye Covid-19 Meningkat

Wiena Amalia Salsabilla | Agus Satia Negara - Sabtu, 17 April 2021, 15:00 WIB

Ilustrasi: Zona merah dan oranye Covid-19Ilustrasi: Zona merah dan oranye Covid-19/Gerd Altmann/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Terjadi peningkatan risiko pada zona merah per 11 April 2021. Peningkatan pada zona merah menunjukan indikasi dengan risiko tinggi. 

Peningkatan tersebut meningkat menjadi dari 10 menjadi 11 kabupaten atau kota.

Selain zona merah, zona oranye yang dengan indikasi risiko sedang pun turut meningkat menjadi 316 setelah sebelumnya hanya 289 kabupaten atau kota yang termasuk ke dalam zona oranye tersebut. 

Berbeda dari zona merah dan oranye yang mengalami peningkatan, zona kuning dengan risiko rendah justru menurun dari 207 menjadi 178 kabupaten atau kota. 

Sedangkan pada zona hijau terdapat 8 kabupaten atau kota yang tidak memiliki kasus dan terdapat satu kabupaten atau kota dengan kasus tidak terdampak.

Baca juga: Antisipasi Ledakan Kasus Covid-19, Doni Monardo Imbau Warga Sumbar Tak Mudik

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menuturkan, epidemiologi, surveilans, dan pelayanan kesehatan sebagai indikator yang digunakan untuk menentukan zonasi risiko

Dalam siaran di kanal YouTube BNPB Indonesia pada Kamis, 15 April 2021 lalu, Wiku juga mengungkapkan terdapat enam kabupaten atau kota yang berada di zona oranye yang pada pekan ini berubah menjadi zona merah

Editor: Agus Satia Negara

Sumber: BNPB

tags
Artikel Rekomendasi
terkait