WASPADA! Ternyata Ini Penyebab Hujan Lebat pada Siang hingga Sore Hari

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 13 April 2021, 21:10 WIB

Ilustrasi HujanIlustrasi WASPADA! Ternyata Ini Penyebab Hujan Lebat pada Siang hingga Sore Hari /Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Kepala Stasiun BMKG Sam Ratulangi Manado Abraham F Mustamu mengungkapkan penyebab terjadinya hujan lebat pada siang hingga sore hari. 

Menurutnya, berdasarkan pantauan kondisi atmosfer di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) pada Senin 12 April 2021, terdapat pembentukan area pertemuan serta perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Lebih lanjut Sam menjelaskan, kondisi ini menyebabkan adanya peningkatan pertumbuhan awan hujan sehingga  mengakibatkan terjadinya hujan sedang sampai lebat pada siang hingga sore hari. 

Baca jugaMenguak Makna dan Sejarah Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat

Bahkan hujan tersebut disertai juga angin kencang dengan kecepatan maksimum mencapai 32 Knot (60 km per jam).

"Kondisi cuaca dalam sepekan ke depan diprakirakan didominasi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar Sulawesi Utara dan beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat dan angin kencang. Kondisi tersebut dipengaruhi akibat adanya bibit siklon tropis 94W," ” tuturnya, Selasa 13 April 2021.

Baca jugaMenilik Sejarah Lawang Sewu yang Kini Eksis sebagai Objek Wisata

Pihaknya mengimbau dalam periode April dan Mei 2021 adalah masa peralihan (pancaroba). Potensi pertumbuhan awan Cumulonimbus (CB) juga masih perlu diwaspadai di masa pancaroba yang dapat mengakibatkan kondisi ekstrem.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News | BMKG

tags
Artikel Rekomendasi



terkait