WASPADA! Sebabkan Bencana di NTT, Ini Penjelasan BMKG Soal Bibit Siklon Tropis

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 5 April 2021, 15:58 WIB

Ilustrasi AwanIlustrasi WASPADA! Sebabkan Bencana di NTT, Ini Penjelasan BMKG Soal Bibit Siklon Tropis /Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika mendeteksi adanya bibit Siklon Tropis 99S yang mulai terbentuk di sekitar Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur sejak 2 April 2021. 

"Keberadaan bibit siklon tropis 99S tersebut menimbulkan terjadinya cuaca ekstrem yang signifikan berupa hujan sangat lebat, angin kencang, gelombang laut tinggi, dan berdampak pada terjadinya bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur," sebagaimana dilansir FIXINDONESIA.COM dari laman resmi BMKG

Berdasarkan analisis terbaru tanggal 04 April 2021 pukul 19.00 WIB, bibit siklon tropis 99S berada di posisi Perairan Kepulauan Rote, Nusa Tenggara Timur, 10.3LS, 123.5BT (Sekira 24 km sebelah barat daya Kupang) dengan arah pergerakan sistem ke arah Timur hingga timur laut dengan kecepatan 3 knots (6 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia. 

Baca juga: Bongkar! Iniloh 3 Rahasia HRD Terima Karyawan Baru

"Kecepatan angin maksimum disekitar sistemnya adalah 30 knots (55 km per jam) dengan tekanan di pusat sistemnya mencapai 996 hPa," ungkap keterangan BMKG tersebut. 

Diketahui, intensitas bibit Siklon Tropis 99S ini diperkirakan masih akan menguat dan mencapai intensitas siklon tropis pada dini hingga pagi hari (6 hingga 12 jam kedepan) sekira jam 18 UTC atau 01.00 WIB tanggal 05 April 2021. 

"Mengingat bahwa sistem sikon tropis tersebut masih berada di wilayah tanggungjawab Jakarta TCWC, maka nama siklon tropis yang akan diberikan adalah "SEROJA" sesuai dengan urutan nama siklon tropis dari BMKG secara internasional," sambungnya. 

Baca juga: Gedung Sate: Sejarah Kelam Dibalik Arsitektur Menawan hingga Jadi Spot Swafoto

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: BMKG

tags
Artikel Rekomendasi
terkait