WASPADA! Musim Kemarau di Jabar Bisa Picu Kebakaran Hutan dan Lahan di Tujuh Daerah Ini

Firda Rachmawati - Jumat, 11 Juni 2021, 18:10 WIB

Ilustrasi kebakaran hutanIlustrasi kebakaran hutan/Pixabay/Ylvers

FIXINDONESIA.COM - Sebagian wilayah di Jawa Barat (Jabar) telah memasuki musim kemarau dan diperkirakan terus meluas. Kondisi itu bisa memicu bencana kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar Dani Ramdan menjelaskan, dari 36 zona musim di Jabar, tujuh di antaranya sudah memasuki musim kemarau sejak Mei 2021. Tujuh zona musim tersebut berada di sebagian wilayah Kabupaten Cirebon, Indramayu, Subang, dan Karawang. 

Baca juga: Pasukan Israel Serang Warga Palestina saat Sholat di Luar Gerbang Damaskus

"Jabar ini terbagi 36 zona musim. Setiap zona musim ini bisa memasuki musim kemarau maupun musim hujan lebih awal atau belakangan. Kita melihat, Cianjur, Sukabumi, dan Bogor, musim hujan lebih panjang. Sampai saat ini masih hujan," kata Dani, dikutip FIXINDONESIA.COM, Jumat 11 Juni 2021. 

"Tapi di Pantura. yakni dari Cirebon, Indramayu, Subang, mulai Karawang, sudah mulai memasuki musim kemarau. Zona musim ini tidak seluruh wilayah kabupaten tersebut. Karena zona musim ini berbeda dengan batas administratif wilayah kabupaten/kota," imbuhnya.  

Jika melihat catatan dari tahun ke tahun, kata Dani, dampak kekeringan di setiap daerah berbeda-beda. Misalnya untuk Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bekasi. Permasalahan yang muncul saat musim kemarau berkaitan dengan ketersediaan air bersih untuk minum. 

Baca juga: Tokoh Jabar: Ridwan Kamil Jangan Mikirin Dulu Jadi Presiden!

Berbeda dengan Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Cirebon. Musim kemarau akan mengakibatkan kekeringan di lahan-lahan pertanian. Imbasnya, lahan pertanian di ketiga daerah tersebut seringkali mengalami puso. 

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Humas Jabar

tags
Artikel Rekomendasi