Waspada! Banjir Menghadang, Ini Langkah Siaga yang Bisa Dilakukan

Agus Satia Negara - Selasa, 13 April 2021, 14:46 WIB

Ilustrasi:  Langkah-langkah Siap Siaga BanjirIlustrasi: Langkah-langkah Siap Siaga Banjir/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Banjir bandang yang disebabkan oleh Siklon Tropis di Nusa Tenggara Timur (NTT) Indonesia beberapa waktu lalu mendatangkan banyak korban jiwa. 

Berdasarkan data terbaru yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui laman resminya pada Senin, 12 April 2021 pukul 10:01 WIB, sejauh ini di NTT, korban meninggal dunia adalah sebanyak 174 orang dan korban yang masih dalam pencarian sebanyak 48. 

Sementara itu, di Nusa Tenggara Barat (NTB), total korban jiwa masih tetap sebanyak dua orang. Data tersebut dikemukakan oleh BNBP, Letnan Jenderal TNI Dr. (H.C.) Doni Monardo.

Banyaknya korban jiwa dan berbagai kerusakan lainnya sebagai dampak dari bencana tersebut haruslah menjadi perhatian bagi kita semua. 

Mencegah terjadinya bencana memang sulit dilakukan, tetapi kita bisa melakukan beberapa upaya untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk lagi akibat bencana tersebut.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Indonesia dari 13–19 April 2021

Terkait bencana banjir itu sendiri, terdapat beberapa upaya yang dapat kita lakukan dalam bersiaga mencegah dampak yang ditimbulkan dari bencana banjir. 

Dilansir dari laman resminya, BNBP merilis hal-hal yang dapat dilakukan dalam siaga banjir, antara lain:

Editor: Agus Satia Negara

Sumber: BNPB

tags
Artikel Rekomendasi
terkait