Waspada! Bandung Barat Rawan Bencana Hidrometeorologi, Ini Wilayah dengan Tingkat Rawan Bencana Tinggi

Agus Satia Negara - Selasa, 4 Mei 2021, 1:08 WIB

Ilustrasi: Bencana hidrometeorologi mengepung Bandung BaratIlustrasi: Bencana hidrometeorologi mengepung Bandung Barat/BNPB

FIXINDONESIA.COM -Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis hujan sebagai salah satu penyebab terjadinya banjir dan tanah longsor yang masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah di bulan Mei 2021 ini.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati menyebut, sebanyak 1.205 bencana hidrometeorologi mendominasi terjadi dari 1 Januari 2021 hingga 30 April 2021.

"Bencana hidrometeorologi, seperti banjir, puting beliung dan tanah longsor, dominan terjadi  pada periode 1 Januari 2021 hingga 30 April," sebut Raditya dalam keterangan resminya, Sabtu 1 Mei 2021.

Hal tersebut juga menjadi perhatian bagi pemerintah daerah guna mengantisipasi jatuhnya korban lantaran dampak yang ditimbulkan dari bencana alam hidrometeorologi. Salah satunya seperti yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB)

Kepala BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan, terkait bencana hidrometeorologi pihaknya masih menetapkan status siaga darurat bencana banjir, banjir bandang dan tanah longsor di KBB.

Baca juga: Hardiknas 2021, Momentum Sakral ‎Tampilkan Wajah Pendidikan Bandung Barat di Tengah Pandemi

"Ini terhitung sejak 1 November 2020 sampai dengan nanti akhir Mei 2021. Ini masih dari sisi teknis pembicaraan ya. Jadi memang masih dalam tingkat waktu siaga darurat posisinya," kata Duddy kepada FIXINDONESIA.COM, Senin 3 Mei 2021. 

"Kemudian kalau kita lihat informasi, kami senantiasa memantau perkembangan potensi cuaca ini dari BMKG," sambungnya.

Editor: Agus Satia Negara

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait