Wargi Bandung Wajib Tahu! Begini Tanggapan Dinkes Soal Vaksinasi Covid-19 Saat Puasa Ramadhan

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 12 April 2021, 16:20 WIB

Ilustrasi Vaksin ADP (Shammil)Ilustrasi Wargi Bandung Wajib Tahu! Begini Tanggapan Dinkes Soal Vaksinasi Covid-19 Saat Puasa Ramadhan/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyanai Raksanagara menyatakan, penyuntikan vaksin Covid-19 saat menjalankan ibadah puasa dinilai tetap aman. 

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 tidak akan mengganggu kesehatan sekalipun tidak mengonsumsi makanan dan minuman untuk sementara waktu lantaran sedang puasa Ramadhan.

Lebih lanjut Ahyani menuturkan, penyuntikan vaksin ini langsung dimasukan ke dalam aliran darah. Selain itu, asupan makanan saat sahur sudah cukup, lantaran vaksin tidak menghasilakn efek samping yang membahayakan.

Baca jugaInilah Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Saat Berbuka Puasa

“Kalua secara medis tidak masalah, karena satu masuk langsung ke darah toh lagi sahur itu dia makan. Jadi secara medis juga tidak apa-apa karena terbukti juga efek sampingnya ringan,” ungkapnya. 

Kata Ahyani, saat bulan puasa nanti diperkirakan masih ada jadwal pelaksanaan penyuntikan vaksin. Baik itu penyuntikan dosis pertama ataupun sudah pemberian dosis kedua.

Baca jugaUmat Islam Wajib Tahu! Ini Dua Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Vaksinasi Covid-19 Saat Puasa Ramadhan

“Ada banyak banget jadwal vaksinasi , seperti yang lansia kan jaraknya satu bulan. Jadi nanti kena (waktu) vaksinasi saat bulan puasa,” tukasnya.***

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: HUMAS KOTA BANDUNG

tags
Artikel Rekomendasi



terkait