Wajib Tahu, 4 Jenis Vaksin Ini Tidak Boleh Digunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 12 Juli 2021, 20:30 WIB

Ilustrasi Vaksin ShammilIlustrasi Wajib Tahu, 4 Jenis Vaksin Ini Tidak Boleh Digunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong /Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Juru Bicara COVID-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyatakan hingga saat ini, vaksin yang telah ditetapkan untuk program Vaksinasi Gotong Royong diantaranya adalah Sinopharm, Moderna dan Cansino.

“Ada kemungkinan, Indonesia akan menerima hibah dari COVAX Facility dengan merk vaksin yang juga digunakan untuk vaksin Gotong Royong. Indonesia tidak mungkin untuk pilih-pilih jenis vaksin yang dihibahkan secara gratis oleh COVAX karena seluruh dunia masih berebut vaksin,” kata dr. Nadia. 

dr. Nadia menyatakan bahwa hal ini tidak berlaku bagi 4 jenis vaksin lain yang telah dan akan dipergunakan dalam Program Vaksinasi Nasional, yaitu Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax.

Baca juga: Cair, Penerima Bansos Rp600 Ribu Buruan Cek Bansos di cekbansos.kemensos.go.id dan Rekening

Baca juga: Siapa Sebenarnya Dokter Lois? Dokter Tirta Bilang Begini

Keempat jenis vaksin ini hanya boleh dipergunakan untuk Program Vaksinasi Pemerintah dan tidak dapat dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong.

“Selain itu, vaksin COVID-19 yang diperoleh dari hibah atau bantuan tersebut juga tidak boleh diperjualbelikan dan harus diberikan tanda khusus yang bisa dikenali secara kasat mata sebagai pembeda dengan vaksin Gotong Royong,” ungkapnya. 

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) telah memperbarui aturan mengenai pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19 untuk meningkatkan cakupan dan mempercepat program vaksinasi nasional. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemenkes

tags
Artikel Rekomendasi