Waduh, Vaksin Covid-19 Asal China Tidak Efektif? Begini Klarifikasi Pejabat Kesehatan Gao Fu

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 12 April 2021, 20:10 WIB

Ilustrasi Vaksin ShammilIlustrasi Waduh, Vaksin China Tidak Efektif? Begini Klarifikasi Pejabat Kesehatan Gao Fu/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Direktur Pusat Pengendalian Penyakit China (CDC China), Gao Fu membantah kabar bahwa vaksin yang diproduksi negaranya memiliki tingkat perlindungan yang rendah alias tidak efektif. 

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Global Times, Gao Fu mengatakan ketika para ilmuwan di seluruh dunia membahas kemanjuran vaksin, dia menawarkan sebuah visi ilmiah bahwa untuk meningkatkan keefektifan vaksin, penyesuaian prosedur vaksinasi dan inokulasi yang berbeda bisa menjadi pilihan.  

"Tingkat perlindungan semua vaksin di dunia terkadang tinggi, dan terkadang rendah. Bagaimana meningkatkan kemanjurannya merupakan pertanyaan yang perlu dipertimbangkan oleh para ilmuwan di seluruh dunia," kata Gao soal kabar vaksin asal China tidak efektif.

Baca juga: Marhaban Ya Ramadhan; Anugerah yang Tak Terhingga

"Dalam hal ini, saya menyarankan agar kita dapat mempertimbangkan untuk menyesuaikan proses vaksinasi, seperti jumlah dosis dan interval dan mengadopsi vaksinasi berurutan dengan berbagai jenis vaksin," tukasnya. 

Gao menekankan, karena ini adalah pertama kalinya manusia menemukan Covid-19, ada banyak masalah ilmiah yang harus dipelajari terkait vaksinasi.

Baca juga: WAJIB! Perusahaan Tak Bayarkan THR 2021 Bakal Dikenakan Sanksi

"Ini juga pertama kalinya manusia divaksinasi dengan vaksin novel coronavirus. Semua prosedur vaksinasi yang kami adopsi sejauh ini didasarkan pada ekstrapolasi inokulasi vaksin virus lain sebelumnya, dan ekstrapolasi itu telah bekerja dengan cukup baik," kata Gao. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Global Times

tags
Artikel Rekomendasi



terkait