Viral Video KTP Non Islam Tidak Bisa Daftar Vaksin, Begini Klarifikasi Muhammadiyah

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 2 April 2021, 8:14 WIB

Ilustrasi KTP ShammilIlustrasi Viral Video KTP Non-Islam Tidak Bisa Daftar Vaksin, Begini Klarifikasi Muhammadiyah/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Belum lama ini beredar sebuah video di media sosial yang melibatkan salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah

Dalam cuplikan video viral tersebut, nampak seorang petugas menyatakan bahwa calon peserta yang ber-KTP non Islam tidak bisa mendaftar vaksinasi Covid-19. 

"Yang mendaftar melalui online atau loket dot com dengan kategori dengan catatan kategori pelayan publik Muhamadiyah catatannya pelayan publik Muhammadiyah, kami mendapatkan informasi PICnya yang berada di belakang bahwa untuk KTP dengan agama non islam tidak bisa diregistrasi karena arahan dari PICnya ya. Terima kasih," kata petugas dalam video berdurasi 32 detik itu. 

Baca juga: Viral! Dua Bocah Goyang TikTok di Acara Imtihan, Netizen Geram

Menanggapi hebohnya video itu, Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) menyatakan bahwa cuplikan video yang berisi pengumuman salah satu personil panitia pelaksana vaksinasi lansia dan pelayan publik yang menyampaikan bahwa calon peserta vaksinasi dengan KTP non Islam tidak bisa diregistrasi tersebut tidak tepat. 

Berikut ini tanggapan resmi pihak Muhammadiyyah: 

Atas kejadian tersebut, kami dengan ini menyatakan sebagai berikut :

1. Pemerintah sudah melibatkan berbagai kelompok keagamaan dan kelompok masyarakat dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19. Salah satunya inisiatif Kementerian BUMN melibatkan Muhammadiyah dalam mengkoordinir Lansia dan Pelayan Publik Muhammadiyah (Guru Tenaga Pendidikan, Dosen, Dll)  untuk dilakukan Vaksinasi. MCCC Muhammadiyah mengapresiasi dan berterima kasih atas perhatian Pemerintah dalam hal ini.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Muhammadiyah

tags
Artikel Rekomendasi