Vaksin Dinilai Masih Efektif Lawan Varian Baru Virus Corona

Firda Rachmawati - Rabu, 24 Maret 2021, 21:11 WIB

Ilustrasi Vaksin ShammilIlustrasi Vaksin Shammil/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah menilai pemberian vaksin saat ini masih efektif untuk melawan varian baru virus corona.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito mengatakan, kini kondisi pandemi Covid-19 yang belum surut itu laiknya sedang berperang.

Oleh karena itu, lanjut dia, vaksin yang ada sekarang adalah senjata untuk memenangkan pertarungan melawan virus berbahaya itu.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah berkomitmen terus melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas vaksin yang ada saat ini. Pemerintah juga melakukan percepatan pengadaan vaksinasi di Indonesia, dan juga memprioritaskan kelompok yang rentan untuk menekan laju penularan dan kemunculan varian baru.

Baca juga: Apakah Vaksinasi Covid-19 Membatalkan Puasa? Umat Islam Wajib Tahu, Ini Penjelasan MUI

Saat ini para peneliti lembaga pemerintahan bidang kesehatan, para ilmuwan bekerja keras mengidentifikasi varian virus baru melalui whole genome sequencing(WGS) atau cara melihat identitas virus. Yang kemudian dikumpulkan melalui Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID), untuk mendalami pengaruhnya terhadap perilaku virus tersebut.

GISAID adalah lembaga bank data yang menjadi acuan untuk data genom virus SARS COV-2. Para peneliti dan produsen saat ini harus terus menyesuaikan kondisi evolusi virus penyebab Covid-19. Misalnya, memasukkan lebih dari satu strain dalam pengadaan produk vaksin, dan menambahkan suntikan penguat atau booster.

Wiku mengatakan, yang tak boleh dilupakan adalah studi tentang dampak pembentukan antibodi pada penerima atau efektivitas vaksin juga menjadi penting untuk mengetahui dampak program vaksinasi. Misalnya dengan melakukan zero survei pada masyarakat.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi