Utang Luar Negeri Indonesia Membengkak! Wakil Ketua BAKN: APBN Melebar, Utang Melambung

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 5 Mei 2021, 17:10 WIB

Ilustrasi Uang THRIlustrasi Utang Luar Negeri Indonesia Membengkak! Wakil Ketua BAKN: APBN Melebar, Utang Melambung/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Utang luar negeri (ULN) Indonesia tembus 422,6 dollar AS miliar per akhir Februari 2021 atau setara Rp6.164,46 triliun (kurs Rp14.587 per dolar AS).

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi itu naik 4 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 2,7 persen (yoy). 

Menanggapi membengkaknya ULN Indonesia, Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI Anis Byarwati mengungkapkan, pihaknya sudah sering menyoroti dan mengingatkan pemerintah terkait utang yang makin membengkak. 

Menurutnya, jangankan mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen, pertumbuhan ekonomi pada masa normal saja maksimal hanya mampu mencapai angka 5,6 persen. Bahkan, pada masa pandemi ini pertumbuhan malah minus.

Baca jugaYusuf Mansur Sebut Tidak Mudik Bisa Raih Malam Lailatul Qadar, Kok Bisa? Begini Katanya

Baca jugaRayakan Hari Anak, J-Hope Sumbang Dana Rp1,2 Miliar untuk Bantu Anak Kurang Mampu di Afrika

“Kenyataan yang kita hadapi sekarang adalah defisit APBN melebar, utang melambung, tapi Pemerintah gagal membelanjakan utang. 

“Ini bisa terlihat dari adanya pelebaran defisit fiskal dari 2,2 persen (2019) menjadi 6,3 persen (2020) dan diperkirakan masih akan defisit sebesar 5,7 persen di tahun 2021,” ungkap Anis dalam keterangan tertulisnya, 3 Mei 2021. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: DPR RI

tags
Artikel Rekomendasi