Tips Persiapan Seleksi CPNS dan PPPK 2021 agar Lolos

Firda Rachmawati - Jumat, 28 Mei 2021, 15:40 WIB

Ilustrasi CPNSIlustrasi CPNS/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 sudah di depan mata. Maka dari itu, segala sesuatunya harus sudah dipersiapkan.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat Hermin Wijaya membagikan beberapa tips persiapan yang bisa dilakukan dalam seleksi CPNS dan PPPK 2021 ini.

Tips yang pertama, kata Hermin,  semua calon pendaftar harus memenuhi persyaratan administrasi dengan lengkap. 

Baca juga: Bikin Streaming Makin Ngabret! Ternyata Jaringan 5G Resmi Beroperasi di Indonesia

"Banyak yang gugur karena tidak melihat formasi. Formasi itu ditetapkan jurusannya apa, tapi banyak pendaftar yang mendaftar tidak sesuai dengan jurusan (linieritas jurusan terhadap formasi). Banyak juga yang tidak sesuai aturan. Misal foto harus berlatar belakang merah, tapi banyak yang tidak sesuai," ucapnya.

Hermin juga mengatakan, jangan sampai hasil dokumen yang sudah discan tidak jelas karena akan mempengaruhi saat pemberkasan.

"Sekarang sudah pakai perbekasan digital. Pada saat scan berkas, pendaftar harus memastikan berkas terlihat jelas dan dapat dibaca tim seleksi. Jangan sampai hasil yang di-scan itu tidak jelas" imbuhnya. 

Baca juga: Pemprov Jabar Siapkan 21.000 Formasi untuk Seleksi CPNS dan PPPK

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi