Terus Merangkak Naik! Lusinan Jenazah Covid-19 Dibakar, Krematorium: Ini Situasi Krisis!

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 7 Mei 2021, 21:10 WIB

Presiden Jokowi menyebut akan ada penegakan hukum yang tegas bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan, demi tingkatkan kewaspadaan Karhutla di 2021.Ilustrasi: Terus Merangkak Naik! Lusinan Jenazah Covid-19 Dibakar, Pekerja Krematorium: Ini Situasi Krisis/PIXABAY/geralt

FIXINDONESIA.COM - Kementerian Kesehatan India melaporkan rekor kenaikan harian dalam kasus COVID-19 dengan 414.188 infeksi baru dan 3.915 kematian, pada hari Jumat, 7 Mei 2021. 

Saat jenazah COVID-19 India menumpuk, staf krematorium bekerja siang dan malam untuk membakar, mengubur, dan melakukan ritual akhir hidup untuk korban pandemi yang tak ada habisnya.

"Untuk setiap jenazah yang saya lakukan ritus terakhir, ada selusin lagi yang menunggu," kata pekerja krematorium berusia 30 tahun, Ram Karan Mishra.

Baca juga: Lailatul Qadar: Tanda-Tanda, Keutamaan dan Doa

Baca juga: Kasus Kematian Covid-19 Meningkat, Kebijakan Larangan Mudik Dinilai Sudah Tepat

"Tidak ada jarak sosial, tidak ada pembersih. Ini adalah situasi kritis di sini," sambungnya. 

Krematorium Ghazipur, salah satu yang tersibuk di Delhi, sekarang menampung 100-150 jenazah sehari, naik dari sekitar delapan hari sebelum pandemi.

Bekerja di panas terik dan debu, pekerja krematorium Ghazipur, Mishra, berdiri di dekat nyala api kayu bakar sambil melantunkan doa yang diyakini dapat membebaskan jiwa almarhum.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: ABC

tags
Artikel Rekomendasi
terkait