Terkait Penyerangan Israel Terhadap Palestina, Pemerintah Indonesia Desak Dewan PBB

Firda Rachmawati - Rabu, 12 Mei 2021, 21:10 WIB

Retno MarsudiMenteri Luar Negeri Retno Marsudi/@retno_marsudi

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah Indonesia mendesak Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera mengambil langkah terkait penyerangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina.

"Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan oleh Israel," ungkapnya, Rabu 12 Mei 2021.

Baca juga: Menhub Minta Pemudik Tak Kembali Tanggal 16, Ini Alasannya

Selain itu, pemerintah Indonesia juga terus mencermati setiap perkembangan baru yang terjadi di Palestina dan mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan, khususnya yang terjadi di Jalur Gaza, yang menyebabkan munculnya puluhan korban jiwa dari warga sipil.

Terkait hal tersebut, Indonesia berupaya sekuat tenaga dan mengerahkan upaya di segenap lini, termasuk di Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People (CEIRPP). Komite tersebut berada di Majelis Umum PBB yang dibentuk tahun 1975 di mana Indonesia menjadi salah satu negara anggota biro dan memangku jabatan sebagai wakil ketua dalam komite tersebut.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Asia Pasifik Meledak, Palang Merah Internasional Peringatkan Ini

“Indonesia juga mengusulkan agar OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) dan GNB (Gerakan Non-Blok) dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah ini," tuturnya.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi