Tenyata Blueberry Bisa Bantu Lawan Kanker, Salah Satunya Kanker Serviks

Firda Rachmawati | Agus Satia Negara - Jumat, 5 Maret 2021, 11:38 WIB

Blueberry bisa bantu lawan kanker, salah satunya kanker serviksBlueberry bisa bantu lawan kanker, salah satunya kanker serviks/Congerdesign/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Siapa yang tak kenal dengan buah blueberry? buah yang berwarna biru keunguan ini ternyata mempunyai manfaat untuk membantu melawan sel kanker.

Dikutip dari Medical News Today, blueberry bisa menjadi strategi pengobatan yang menjanjikan untuk kanker serviks dan kanker lainnya.

Menurut studi pimpiinan Dr. Yujiang Fang dari School of Medicine University of Missouri-Columbia, satu tim peneliti menemukan bahwa dengan menambahkan ekstrak blueberry pada terapi radiasi dapat meningkatkan kemanjuran pengobatan kanker serviks.

Dalam studi mereka, para peneliti berupaya menentukan apakah ekstrak blueberry bisa digunakan sebagai radiosensitizer, yang adalah senyawa yang membuat sel-sel kanker lebih rentan terhadap terapi radiasi.

Baca juga: Gunakan NIK KTP Anda untuk Cairkan BST Rp300 Ribu Maret 2021, Segera Klik dtks.kemensos.go.id

Baca juga: Terdaftar Sebagai Penerima Bansos 2021 Atau Tidak? Cek Segera di Aplikasi Ini

Dr. Fang dan koleganya mendapati bahwa resveratrol -senyawa yang ada pada buah anggur dan anggur merah- membantu meningkatkan kepekaan sel-sel kanker prostat terhadap terapi radiasi.

Para peneliti mencatat bahwa blueberry juga mengandung resveratrol, selain flavonoid. Flavonoid, menurut Dr. Fang, adalah bahan kimia yang bisa punya properti anti-oksidan, anti-radang, dan anti-bakteri.

Editor: Agus Satia Negara

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi