Tegas! Menaker Ida Minta Bukti Ketidakmampuan Perusahaan yang Tak Sanggup Bayar THR

Agus Satia Negara - Rabu, 14 April 2021, 13:55 WIB

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida FauziyahMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah/Instagram/@idafauziyahnu

FIXINDONESIA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta gubernur dan bupati/wali kota untuk memberikan solusi dengan mewajibkan para pengusaha untuk berdialog dengan pekerja, jika perusahaan tidak dapat membayar THR tepat pada waktunya.

“Kesepakatan tersebut dibuat secara tertulis dan memuat waktu pembayaran THR Keagamaan dengan syarat paling lambat dibayar sampai sebelum Hari Raya Keagamaan tahun 2021 pekerja/buruh yang bersangkutan,” kata Ida, seperti dikutip dari keterangan resminya, Senin 12 April 2021.

Ida menuturkan, terkait dengan kesepakatan waktu pembayaran THR keagamaan tersebut, harus dipastikan tidak sampai menghilangkan kewajiban pengusaha untuk membayar THR Keagamaan tahun 2021 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Perusahaan yang melakukan kesepakatan dengan pekerja atau buruh agar melaporkan hasil kesepakatan kepada dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan setempat,” tuturnya.

Selain itu, Ida juga meminta kepada perusahaan agar dapat membuktikan ketidakmampuan untuk membayar THR Keagamaan tahun 2021 sesuai waktu yang ditentukan berdasarkan laporan keuangan internal perusahaan secara transparan.

Baca juga: Kini Perpanjang SIM Bisa dari Rumah, Simak Cara-caranya di Sini

Baca juga: Waduh! Akun Fanpage Facebook Ustaz Abdul Somad Hilang, Ada Apa Nih?

Baca juga: Tips Berburu Takjil Buka Puasa Ramadhan di Masa Pandemi Covid-19

Editor: Agus Satia Negara

Sumber: Setkab.go.id

tags
Artikel Rekomendasi
terkait