Tanaman Porang Digunakan untuk Apa? Cek Faktanya di Sini

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 15 April 2021, 8:40 WIB

Ilustrasi PohonIlustrasi Tanaman Porang Digunakan untuk Apa? Cek Faktanya di SiniShammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, saat ini tanaman Porang semakin menggeliat dengan terus meningkatnya permintaan ekspor ke berbagai negara seperti  Jepang, Tiongkok, Vietnam dan Australia. Lantas, tanaman porang digunakan untuk apa? Berikut ini ulasannya.

Mentan Syahrul mengungkapkan,  dalam 15 tahun ini baru pertama kali ekspor porang dari 15,4 persen. Bahkan saat ini sudah ada 13 negara yang memasan porang kepada para petani Indonesia. 

Biasanya, lanjut Syahrul, tanaman porang ini digunakan untuk bahan baku kosmetik lipstik, obat-obatan, bahan  baku industri dan  kebutuhan nutrisi yang bagus untuk ketahanan tubuh.

 

porangtanaman porang/Kementan

"Oleh karena itu bicara Porang adalah bicara masa depan," ungkap Mentan Syahrul. 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan, Fadjri Djufri menambahkan bahwa saat ini pemerintah telah menyiapkan teknologi modern untuk mengakomodasi kepentingan produksi komoditas Porang dari hulu sampai hilir.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini: Leo, Relakanlah Pergi Jauh

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kementerian Pertanian

tags
Artikel Rekomendasi