Tak Hanya Cafe dan Restoran, Inilah Daftar Tempat Komersial yang Dikenakan Royalti Saat Memutar Lagu

Fahrurrazi Assyar Halim - Rabu, 7 April 2021, 11:17 WIB

Cafe di BandungCafe di Bandung/Fahrurrazi Assyar/dokumen pribadi

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah telah resmikan Peraturan Pemerintah (PP) terkait pembayaran royalti pemutaran lagu di tempat-tempat yang bersifat komersial.

Presiden Jokowi menandatangani peraturan tersebut pada hari ini, 7 April 2021, Cafe dan Restoran menjadi beberapa tempat yang dikenakan royalti.

"Untuk memberikan pelindungan dan kepastian hukum terhadap Pencipta, Pemegang Hak Cipta, dan pemilik Hak Terkait terhadap hak ekonomi atas lagu dan/atau musik serta setiap Orang yang melakukan Penggunaan Secara Komersial lagu dan/atau musik dibutuhkan pengaturan mengenai Pengelolaan Royalti Hak Cipta lagu dan/atau musik," demikian bunyi bleid PP 56/2021.

Namun tak hanya Cafe dan restoran, pembayaran royalti juga dikenakan di beberapa tempat seperti pertokoan, perkantoran, hotel dan bioskop, hal ini guna melindungi hak cipta si pembuat lagu.

Baca juga: SAH! Presiden Jokowi Tandatangani Peraturan Penggunaan Lagu Komersial Wajib Bayar Royalti

"Setiap orang dapat melakukan Penggunaan Secara Komersial lagu dan/atau musik dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial dengan membayar Royalti kepada Pencipta, Pemegang Hak Cipta, dan/atau pemilik Hak Terkait melalui LMKN," demikian bunyi ayat 1 pasal 3,"

Sedangkan dalam Pasal 3 ayat 2, diatur 14 tempat dan jenis kegiatan yang akan dikenai royalti terhadap sebuah karya cipta sebagai berikut:

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi