Studi: Sarapan Protein Bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

Firda Rachmawati - Kamis, 10 Juni 2021, 7:40 WIB

Ilustrasi sarapan kaya proteinIlustrasi sarapan kaya protein/Pixabay/Free-photos

FIXINDONESIA.COM - Para ahli dari University of Missouri, Amerika Serikat (AS) menelaah bahwa sarapan telur dan daging berprotein tinggi dapat membantu tubuh tetap langsing, karena memungkinkan seseorang berhenti mengemil di malam hati.

Penelitian mereka menemukan kenyataan bahwa sarapan yang kaya protein secara signifikan meningkatkan sistem pengawasan terhadap nafsu makan, dan mengurangi kebiasan mengemil yang tidak sehat, terutama untuk makanan tinggi lemak atau gula di malam hari.

Baca juga: 5 Cara Sederhana untuk Mengecek Telur Apakah Baik atau Buruk

Asisten profesor dari Departemen Gizi dan Psikologi Terapan di Universitas Missouri, Heather Leidy, mengatakan bahwa pola sarapan yang tepat merupakan kunci untuk memecahkan krisis kegemukan di AS.

Saat ini tercatat lebih dari 25 juta orang dewasa muda di AS mengalami kelebihan berat badan.

Leidy menguji dampak konsumsi sarapan pada nafsu makan setiap hari, dan kebiasaan ngemil di malam hari pada orang muda yang biasa melewatkan sarapan.

Baca juga: 6 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai oleh Pemilik Kulit Sensitif

Konsumsi sarapan tinggi protein, dalam telaah Leidy, menyebabkan peningkatan rasa kenyang bersamaan dengan penurunan aktivitas otak yang bertanggung jawab untuk mengontrol hasrat seseorang terhadap makanan.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Dailymail

tags
Artikel Rekomendasi