Sinetron Zahra Banyak Dikecam, Pakar Penyiaran Unpad: Betapa Lemahnya KPI

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 2 Juni 2021, 16:17 WIB

Dian UnpadSinetron Zahra Banyak Dikecam, Pakar Penyiaran Unpad: Betapa Lemahnya KPI/@dian_sjuchro

FIXINDONESIA.COM - Sinetron Suara Hati Istri - Zahra yang ditayangkan di salah satu televisi nasional, Indosiar tengah ramai menjadi perbincangan lantaran diperankan aktris di bawah umur sebagai salah satu istri yang dipoligami.

Pakar Penyiaran Universitas Padjadjaran (Unpad), Dian Wardiana Sjuchro menilai, kasus ini memperlihatkan betapa lemahnya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam mengawasi isi siaran radio/televisi.

Menurut Dian, seharusnya KPI langsung menghentikan sinetron yang diperankan oleh Zahra tersebut, karena protesnya sudah terlalu masif.

Baca juga: Pemeran Tarzan Joe Lara Meninggal dalam Kecelakaan Pesawat, Begini Kronologi

Baca juga: Begini Tindakan KPI Terhadap Tayangan Suara Hati Istri Zahra yang Sempat Dikecam Netizen

Sudah sejak lama, lanjutnya, KPI tidak pernah diberi taring untuk melawan arus besar siaran televisi yang selalu berlandaskan rating semata.

"Kewenangan KPI hanya mampu menegur atau menghentikan siaran sementara," ungkapnya kepada FIXINDONESIA.COM, Rabu 2 Juni 2021. 

Lebih lanjut Dian menjelaskan, kontrol KPI seharusnya dilengkapi dengan kewenangan melakukan denda berupa uang bagi para pelanggar isi siaran. Menurutnya, hanya dengan denda, maka kewibawaan KPI akan tumbuh di depan pengelola televisi/radio.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi