Simak! Tips Sehat Berolahraga Selama Puasa Ramadan

Agus Satia Negara | Ajeng Dwita Ayuningtyas - Jumat, 16 April 2021, 10:37 WIB

Ilustrasi: Olahraga saat puasa RamadanIlustrasi: Olahraga saat puasa Ramadan/Th G/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Saat menjalankan puasa Ramadan, bukan hanya perilaku konsumsi makanan yang berubah. Konsumsi terhadap pakaian muslim, pakaian umum, produk kecantikan, dan olahraga juga terpengaruhi adanya perubahan perilaku individu.

Ketahanan fisik individu yang berpuasa dapat mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh perubahan pola aktivitas keseharian dan tubuh harus berusaha menyesuaikannya. 

Pola aktivitas yang dimaksud mengenai jam tidur, jam makan, dan aktivitas rutin lainnya yang dapat berubah karena menyesuaikan jadwal ibadah selama bulan Ramadan.

Ketahanan fisik yang menurun dikaitkan dengan dehidrasi, lemas, kurang asupan nutrisi, kurang beristirahat, dan perubahan suasana hati yang kurang stabil.

Selain itu, tubuh individu yang berpuasa akan menghasilkan energi sendiri dengan membakar nutrisi dalam tubuh, seperti lemak, gula, dan karbohidrat. Kinerja organ-organ tubuh pun harus menyesuaikan perubahan pola aktivitas ini.

Baca juga: Contoh Naskah Khutbah Jumat Hari Ini, 16 April 2021: Sabar Menjalani Ibadah Ramadhan di Masa Pandemi

Beberapa kegiatan, seperti kegiatan pendidikan atau perkantoran memberikan potongan waktu bagi siswa atau karyawannya di bulan Ramadan. 

Tujuan pemangkasan waktu ini agar siswa atau karyawan dapat beribadah secara maksimal. Akan tetapi, tidak semuanya memanfaatkan waktu tersebut dengan baik, hanya digunakan untuk istirahat atau tidur.

Editor: Agus Satia Negara

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait