Siaga! Siklon Tropis Surigae Meningkat dalam 24 Jam, Sembilan Provinsi Ini Harus Waspada

Wiena Amalia Salsabilla | Agus Satia Negara - Sabtu, 17 April 2021, 21:20 WIB

Intensitas Siklon Tropis Surigae meningkat dalam 24 jamIntensitas Siklon Tropis Surigae meningkat dalam 24 jam/BMKG

FIXINDONESIA.COM - Dalam kurun waktu 24 jam ke depan, Siklon Tropis Surigae diperkirakan akan mengalami kenaikan intensitas

Saat ini, siklon tersebut berada di perairan Samudera Pasifik sebelah utara Papua Barat dan terus bergerak mengarah ke barat laut.

Menurut analisis yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Siklon Tropis Surigae cenderung bergerak menjauhi wilayah Indonesia. 

Kendati demikian, siklon tersebut tetap memberikan dampak tidak langsung bagi sejumlah provinsi di Indonesia.

BMKG memperkirakan siklon tropis ini masih akan berada di perairan Samudera Pasifik dan diprediksi akan bergerak menuju sebelah utara Maluku Utara atau sekitar 1.040 kilometer sebelah utara timur laut Tahuna hingga Sabtu, 17 April 2021 pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Waspada Obat Palsu! Kenali Ciri-cirinya

Adapun kecepatan siklon tersebut berkisar 10 knot atau 19 kilometer per jam dengan kekuatan 95 knots atau 185 kilometer per jam dengan tekanan 935 hPa.

Pergerakan siklon tropis tersebut diprediksi akan berdampak kepada beberapa wilayah di sembilan provinsi di Indonesia yang meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Papua Barat dengan dampak yang mungkin ditimbulkan adalah berupa hujan lebat yang disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Editor: Agus Satia Negara

Sumber: BMKG

tags
Artikel Rekomendasi
terkait