Serupa Tapi Tak Sama! Ini Perbedaan Demam Dengue dengan Demam Covid-19

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 15 Juni 2021, 17:10 WIB

Ilustrasi Covid-19Ilustrasi Serupa Tapi Tak Sama! Ini Perbedaan Demam Dengue dengan Demam Covid-19/Freepik.com

FIXINDONESIA.COM - Perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Erni Juwita Nelwan mengatakan, Dengue dan Covid-19 harus diwaspadai.

Pasalnya kedua penyakit tersebut memiliki salah satu gejala yang sama, yakni demam. Walaupun gejala demam terjadi di antara kedua penyakit tersebut namun polanya berbeda.

Menurutnya, pola demam antara dengue dan Covid-19 berbeda lantaran pada demam dengue fase demam itu terjadi akibat diremia, diremia artinya di dalam darah ada virus yang beredar.

Baca jugaDUH! 2 Putri Zaskia Mecca dan Hanung Positif Covid-19, Begini Kabar Terbarunya

Baca jugaCampuran Bahan yang Tidak Boleh Dipakai untuk Produk DIY Skincare

Demam seperti ini sulit diturunkan oleh obat karena penyebab demamnya itu ada terus dalam darah sampai biasanya kurang lebih 3 hari.

"Jika pasien minum obat penurun panas, maka demam akan turun namun tidak lama kemudian demam akan naik lagi. Jadi demam pada demam berdarah itu sulit diturunkan dengan obat turun panas. Pasien akan banyak berkeringat karena efek samping dari obat turun panas tersebut dia berusaha menurunkan panas tapi di satu sisi penyebab demamnya ada terus di dalam darah," jelas Erni pada Konferensi Pers Asen Dengue Day 2021 secara virtual. 

Berbeda dengan demam Covid-19, demam ini bisa disertai dengan gejala respirasi yang lebih dominan seperti sesak napas, batuk, susah menelan anosmia (kondisi saat seseorang tidak bisa mencium bau).

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemenkes

tags
Artikel Rekomendasi
terkait