Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di Aplikasi PeduliLindungi? Ini Solusinya

Siti Resa Mutoharoh - Minggu, 10 Oktober 2021, 9:10 WIB

contoh sertifikat vaksinasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di Aplikasi PeduliLindungi? Ini Solusinya/fahrurrazi/sertifikat vaksinasi/dok pribadi

FIXINDONESIA.COM - Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Setiaji menjelaskan bahwa banyak dari masyarakat yang komplain lantaran sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi. 

Oleh karena itu, Setiaji pun memberikan solusi terkait sertifikat vaksin yang tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi. 

Menurutnya, langkah pertama ketika sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi adalah dengan mengecek ke website langsung, yakni di pedulilindungi.co.id. 

Baca juga: Fitur PeduliLindungi Bisa Diakses di 50 Aplikasi Lain Mulai Oktober

"Memang banyak sekali masyarakat yang komplain karena tidak adanya sertifikat di PeduliLindungi. Untuk seperti itu tolong lakukan pengecekan terlebih dahulu di website," ungkap Setiaji. 

Pengklaiman ini berdasarkan informasi vaksin, nomor telepon, dan lain sebagainya. Karena, pada saat pengisian di tempat vaksinasi, ada beberapa data yang tidak cocok seperti NIK, nama, dan sebagainya.

Baca juga: Syukur Deh, Kemenkes Pastikan Data eHAC Aman dan Sudah Terintegrasi dengan PeduliLindungi

"Jadi untuk masyarakat, jangan langsung kirim email ke sertifikat@pedulilindungi.co.id, tapi lakukan klaim dulu di dalam website PeduliLindungi dengan mengisi parameter seperti nama, NIK, jenis vaksin, tanggal vaksin, kemudian masuk ke aplikasi PeduliLindungi," tuturnya.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi