Sering Kebelet Buang Air Kecil Tapi Ditahan, Ternyata ini Bahayanya

Salma Aulia | Agus Satia Negara - Selasa, 27 April 2021, 12:14 WIB

Ilustrasi: Kebelet buang air kecilIlustrasi: Kebelet buang air kecil/bzndenis/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Kebelet buang air kecil pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Kebelet sangatlah tidak enak untuk dirasakan, karena terkadang mengganggu kegiatan yang sedang Anda lakukan. 

Namun, karena merasa pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan tanggung untuk dijeda dengan buang air kecil terlebih dahulu, banyak orang yang lebih memilih untuk menahan hingga kegiatan tersebut selesai. 

Lalu apa yang akan terjadi pada tubuh Anda, jika suka menahan buang air kecil?

Sederhananya, terdapat ginjal, ureter, kandung kemih, uretra yang merupakan organ dalam tubuh Anda yang berhubungan dengan buang air kecil. Cairan (air seni) yang dikeluarkan oleh tubuh ketika buang air kecil merupakan zat-zat yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. 

Cairan tersebut biasanya disaring terlebih dahulu di dalam ginjal, yang selanjutnya akan diteruskan oleh ureter dan akan berkumpul di kandung kemih. Jika kandung kemih sudah penuh, maka otak akan merespon tubuh dengan rasa kebelet tersebut.  

Baca juga: Monitoring Pasar Ramadan, Bupati Garut Ingatkan Hal Ini untuk Pedagang dan Pembeli

Otot yang dekat dengan uretra (Sphincter Uretra Eksternal) berfungsi sebagai penjaga agar air seni tidak keluar secara tiba-tiba hingga Anda tiba di toilet.

Berapa lama seseorang dapat menahan buang air kecil? Berbahayakah menahan buang air kecil?

Editor: Agus Satia Negara

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi
terkait