Selamat! Bansos Akhir Tahun 2021 Cair Sebesar 300 Ribu

Firyal Nur Fadilah - Jumat, 26 November 2021, 9:30 WIB

bansos akhir tahun cair 300 ribubansos akhir tahun cair 300 ribu/@kemensosri

FIXINDONESIA.COM- Selamat! Bansos Akhir Tahun 2021 Cair Sebesar 300 Ribu. Pemerintah akan membagikan kembali bantuan sosial (bansos) di akhir tahun 2021. 

Penerima bansos di akhir tahun 2021 sebesar 300 ribu akan diambil datanya dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan data kartu sembako. Bansos akhir tahun yang cair akan menggunakan dana hasil optimalisasi anggaran di Kementerian Sosial. 

 “Top up (bansos) menggunakan dana optimalisasi di Kemensos besaran bansos 300 ribu rupiah pada 35 kabupaten/kota prioritas terutama untuk penanganan kemiskinan ekstrem” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dalam konfrensi pers dikutip 26 November 2021

Baca juga: Dear Nasabah BRI Begini Cara Cek Bansos UMKM, Jika Terdaftar Segera Datangi Kantor Cabang Terdekat!

Baca juga: Tenang! Kemensos Lakukan Pembaruan Data Setiap Bulan, Bansos Diupayakan Tepat Sasaran

Menurut Airlangga Hartanto terdapat 35 kabupaten/kota di  7 provinsi menjadi prioritas pemerintah. Tujuh provinsi yang menjadi prioritas pemerintah adalah Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur dan Maluku. 

Menurut Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara bansos dicairkan untuk membantu masyarakat yang paling miskin. Dalam upaya menuntaskan kemiskinan salah satunya terdapat BLT Dana Desa. BLT Dana Desa diperuntukan bagi masyarakat desa yang belum termasuk ke penerima bantuan pusat.

Pada bulan desember akan dilakukan sensus oleh BPS di 35 kabupaten/kota tersebut untuk mengetahui tingkat kemiskinan ekstrem. Pembagian bansos merupakan salah satu cara pemerintah dalam menurunkan tingkat kemiskinan menjadi 0 persen di tahun 2024. ***

Editor: Firyal Nur Fadilah

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi