Sejarah Lahirnya Pancasila yang Diperingati Setiap 1 Juni

Firda Rachmawati - Selasa, 1 Juni 2021, 10:22 WIB

Logo Hari Lahir Pancasila 1 JuniLogo Hari Lahir Pancasila 1 Juni/BPIP.go.id

FIXINDONESIA.COM - Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Hal tersebut sesuai dengan kelahiran Pancasila yang ditandai oleh pidato Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945.

Dalam pidatonya saat itu merupakan konsep awal Pancasila menjadi dasar negara Indonesia. Pidato tersebut disampaikan melalui sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau dalam Bahasa Indonesia disebut Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Baca juga: Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini 1 Juni 2021: Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces

Dikutip dari situs bpip.go.id, awal lahirnya Pancasila berawal dari kekalahan Jepang di perang pasifik yang kemudian berusaha mendapatkan hati masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Kemudian masyarakat Indonesia membentuk sebuah lembaga untuk mempersiapkan kemerdekaan.

Lembaga ini dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Pada sidang pertamanya di tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara.

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Redakan Gatal di Tenggorokan

Sidang berjalan sekitar hampir 5 hari, kemudian pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi