Sederet Tips Hasilkan SDM Berkualitas dan Sehat Ala Guru Besar UGM

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 8 Juli 2021, 10:59 WIB

Ilustrasi tertawa karena leluconIlustrasi Sederet Tips Hasilkan SDM Berkualitas dan Sehat Ala Guru Besar UGM /Pixabay/Trương Hoàng Huy Ngân

FIXINDONESIA.COM - Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada, Prof. Yayi S. Prabandari menyampaikan bahwa strategi untuk perubahan perilaku dalam promosi kesehatan dapat dilakukan melalui informasi, pemasaran, insentif, restriksi, indoktrinasi dan peraturan yang dilakukan oleh individu, kelompok, faskes, sekolah, dan pihak lainnya. 

"Selain itu, untuk menghasilkan SDM yang berkualitas diperlukan perencanaan dan strategi promosi kesehatan yang komprehensif, kerjasama lintas sektor dan pemangku kepentingan," kata Prof Yayi dalam dalam webinar PEBS FEB Universitas Indonesia bersama dengan International Union Against Tuberculosis and Lung Disease (The Union) bertajuk “Menyongsong Indonesia Emas 2045: Peningkatan Kualitas SDM dan Pembangunan Kesehatan Berkelanjutan”.

Prof Yayi S. Prabandari menambahkan, bahwa kita perlu bergandeng tangan dengan semua pihak dari berbagai bidang dan tidak hanya dari sisi kesehatan, karena persoalan kesehatan ini ditentukan oleh banyak sisi.

Baca juga: Guru Besar Universitas Indonesia Beberkan Tips Memanfaatkan Bonus Demografi

Baca juga: Wajib Bawa 3 Dokumen Ini ke Kantor Pos Indonesia Untuk Cairkan BST Rp600 Ribu PPKM Darurat

Baca juga: Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Ditangkap Polisi karena Narkoba?

Sementara itu, anggota dewan DPR RI, Dr. Hj. Netty Prasetyani, M.Si mengatakan bahwa beliau dan rekan-rekan lainnya di Komisi IX DPR selalu mengingatkan pemerintah bahwa gerakan masyarakat sehat atau GERMAS bukan hanya sekedar jargon, diperlukan breakdown lebih lanjut mengenai apa-apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkannya. 

"Kedepan harus ada upaya-upaya terobosan termasuk juga kreativitas untuk terus melakukan efisiensi dan efektivitas anggaran utamanya dalam konteks menjamin kesehatan bagi seluruh warga negara dan menjamin jaminan sosial bagi seluruh masyarakat," ungkap Netty dalam sesi terakhir acara webinar nasional itu. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi