Sebelum Daftar CPNS 2021, Yuk Simak Perbedaan PNS dan PPPK

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 18 Mei 2021, 18:20 WIB

illustrasi CPNS 2021illustrasi Sebelum Daftar CPNS 2021, Yuk Simak Perbedaan PNS dan PPPK /Fahrurrazi Assyar/Odua/Freepik

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 pada 31 Mei 2021 mendatang. 

Sebagaian masyarakat masih kebingungan terkait apa perbedaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sebab kedua profesi tersebut berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Dijelaskan dalam Undang-undang No. 5 Tahun 2014, ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. Artinya, baik PNS ataupun PPPK keduanya merupakan kategori ASN. 

Baca jugaSIMAK! Ini Formasi Terbanyak Seleksi CPNS 2021

Baca jugaObjek Wisata Pangandaran Kembali Dibuka, Pengunjung Harus Patuhi Ini

Dilansir dari laman BKN, PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Sementara, PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Lantas apa perbedaan PNS dan PPPK? Berikut ini penjelasannya dilansir dari laman resmi Badan Kepegawaian Nasional (BKN). 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi