Satu Orang Meninggal Dunia dan 10 Petak Sawah Tertimbun Longsor Sukabumi

Firda Rachmawati - Minggu, 2 Mei 2021, 14:10 WIB

Longsor Sukabumi menimbun beberapa rumah wargaLongsor Sukabumi menimbun beberapa rumah warga/BNPB

FIXINDONESIA.COM - Satu orang dikabarkan meninggal dunia akibat adanya bencana longsor yang terjadi di Desa Ginanjar, Kabupaten Sukabumi pada Sabtu, 1 Mei 2021 sekira pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, akibat bencana tersebut, dua korban juga mengalami luka-luka dan 9 jiwa terdampak peristiwa ini.

Selain itu, BPBD Sukabumi juga mencatat adanya kerusakan akibat longsoran itu, di antaranya 2 rumah rusak berat dan 1 lainnya terancam.

Baca juga: Wow! Ini Fakta di Balik Cetakan Tangan yang Ada di Gua Meksiko

Longsor juga menimbun 10 petak sawah dan peternakan bebek milik warga setempat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB Raditya Jati menyampaikan bahwa berdasarkan analisis InaRISK, Sukabumi termasuk wilayah dengan potensi tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 48 kecamatan berada pada kategori tersebut, salah satunya kecamatan Ciambar. Luas bahaya dengan potensi tanah longsor mencapai 141.972 hektar. 

Baca juga: Penderita Diabetes Tipe 2 Harus Coba Konsumsi Ini

BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu siap siaga dan waspada terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti tanah longsor. Identifikasi potensi risiko dan bahaya di sekitar keluarga Anda dan segera lakukan rencana kesiapsiagaan keluarga sehingga seluruh anggota keluarga terhindar dari bencana.***

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: BNPB

tags
Artikel Rekomendasi