Ridwan Kamil Resmikan Pembudidaya Ikan Milenial

Wiena Amalia Salsabilla | Firda Rachmawati - Rabu, 28 April 2021, 10:40 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan KamilGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Jabarprov.go.id

FIXINDONESIA.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Pembudidaya Ikan Milenial (PIM) pada Selasa, 27 April 2021.

PIM ini merupakan bagian dari program Petani Milenial di bidang perikanan.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, program Petani Milenial terbagi ke dalam berbagai bidang, seperti pertanian, peternakan, dan perikanan.

“Jadi petani milenial itu terus beranak cabang, dari yang kemarin pertanian sekarang perikanan. Kemudian akan terus nanti ke peternakan, dan kehutanan. Semua butuh waktu untuk mendefinisikan kesuksesan,” ujar Kang Emil.

Baca juga: HARI INI! Presiden Jokowi Bakal Lantik Mendikbud-Ristek dan Menteri Investasi

Menurut Kang Emil, program Petani Milenial ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah menggunakan sistem pembelian di awal oleh offtaker yang nantinya para petani akan menanam, beternak, dan menambak yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar.   

Peresmian PIM dilakukan dengan dengan menebar benih ikan di 60 kolam bioflok para peserta Petani Milenial di Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan Ciherang, Kabupaten Cianjur.

Sebelumnya, terdapat 167 kaum milenial yang mendaftar PIM. Para milenial tersebut diseleksi mulai dari segi administrasi, kurasi, wawancara, BI checking, sampai seleksi akhir. Berdasarkan seleksi tersebut, total milenial yang lolos sebanyak 55 orang.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: JabarProv

tags
Artikel Rekomendasi