Realisasi Pajak di KBB Kembali Meningkat, Bappenda Optimis Capai Target

Agus Satia Negara - Kamis, 6 Mei 2021, 13:42 WIB

Kabid Pajak II BPKD KBB Rega Wiguna optimis realisasi pajak tahun 2021 capai targetKabid Pajak II Bappenda KBB Rega Wiguna optimis realisasi pajak tahun 2021 capai target/Dokumentasi pribadi

FIXINDONESIA.COM - Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bandung Barat berhasil merealisasikan peningkatan pajak untuk wilayah KBB.

Kepala Bidang Pajak II Bappenda Rega Wiguna mengatakan, kendati di tengah pandemi realisasi pajak tahun ini cukup mengalami peningkatan.

Kendati demikian, kata Rega, dari 10 jenis yang mengalami peningkatan di tahun ini, hanya 5 jenis pajak yang masih memberikan kontribusi secara signifikan.

"Ada kelihatan tren kenaikannya atau cenderung stabil. Itu yang berkontribusi besar terhadap  PAD dari sektor pajak 10 jenis pajak di KBB sampai dengan bulan ini," ujarnya.

Rega menerangkan, sebagai gambaran di triwulan pertama tahun 2021, pihaknya membandingkan dengan triwulan yang sama di tahun 2020 dengan 2019. Realisasi pajak tahun 2019 itu diangka Rp74 miliar dalam keadaan status normal. Sementara di tahun 2020 itu diangka Rp65 miliar lantaran terdampak pandemi.

Baca juga: Penelitian Terbaru: Vaksin Novavax Manjur 51 Persen Lawan Virus Covid-19 Varian Baru di Afrika

"Alhamdulillah kami ditahun 2021 di triwulan yang sama hampir mendekati dengan tahun 2019 normal di Rp73 miliar," terangnya.

Rega menyebut, jenis pajak yang berkontribusi besar berasal dari jenis BPHTB, reklame, PPJ, air tanah, dan galian, kurang lebih 5 jenis pajak. 

Editor: Agus Satia Negara

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait