Pulihkan Ekonomi Nasional dan Tangani Covid-19, DJP Jabar: Bayar Pajak Berarti Ikut Berkontribusi!

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 22 Maret 2021, 19:56 WIB

PajakPulihkan Ekonomi Nasional dan Tangani Covid-19, DJP Jabar: Bayar Pajak Berarti Ikut Berkontribusi!/Istimewa

FIXINDONESIA.COM - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I Erna Sulistyowati mengatakan, pemerintah terus berupaya melakukan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan penanganan Covid-19, di antaranya, lewat dukungan UMKM, pembiayaan korporasi serta insentif perpajakan. 

Menurutnya, PEN dan penanganan Covid-19 ini dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan alokasi dana mencapai Rp688,33 Triliun. 

Dengan peranan 83% dalam APBN tahun 2021, lanjutnya, maka penerimaan pajak semaksimal mungkin harus kita amankan sehingga keberlangsungan pembangunan dan operasional negara ini dapat berjalan lancar dan aman. 

Baca juga: Kurangi Antrean di Masa Pandemi Covid-19, KPP Pratama Cicadas Bandung Luncurkan "Waras"

“Menunaikan kewajiban pajak dengan baik dan benar termasuk salah satu cara berkontribusi kepada negara. Manfaatkan kemudahan layanan online DJP untuk melaporkan pajak Anda," ungkap Erna dalam kegiatan Spectaxcular 2021 secara daring di Gedung Keuangan Negara, Bandung, Senin 22 Maret 2021. 

Dalam acara yang sama, Kepala KPP Madya Bandung Andi Setiawan menjelaskan, pandemi Covid-19 memberikan efek domino pada aspek sosial, ekonomi dan keuangan.

Oleh sebab itu, pemerintah mengeluarkan paket kebijakan Keuangan Negara dalam Perpu 1/2020.  Sementara di tahun 2021, APBN difokuskan untuk melanjutkan penanganan pandemi dan memperkuat pemulihan ekonomi melalui realokasi ke belanja produktif dan penguatan Program PEN.

Baca juga: Lapor SPT Tahunan Tepat Waktu, PERSIB Dinilai Beri Teladan Baik, Umuh Muchtar: Pajak Kuat, Indonesia Maju, Persib Juara!

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi