Politisi PDIP Singgung Soal Utang Negara, Said Abdullah: Jangan Panik!

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 28 Juni 2021, 21:10 WIB

Sindikat Pengedar Uang Palsu Berhasil Ditangkap, Rp. 12,5 Miliar Sudah BeredarPolitisi PDIP Singgung Soal Utang Negara, Said Abdullah: Jangan Panik! /Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Politisi PDIP, MH Said Abdullah menilai tidak perlu panik dalam menyikapi utang negara yang mengalami peningkatan. 

Pasalnya, angka utang negara Indonesia masih dalam posisi aman, jauh dari batas atas yang digariskan oleh Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, yaitu sebesar 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB).

“Saya kira pemerintah dimanapun tidak akan mau terbelit utang dan mewariskan utang kepada generasi berikutnya hingga menjadi beban yang tidak tertanggungkan,” ujar Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu, Senin 28 Juni 2021. 

Baca juga: Ini Cara Memakai Masker yang Baik dan Benar Menurut WHO

Diketahui, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester 1 tahun 2020, khususnya yang menyangkut utang pemerintah menyebutkan adanya kerentanan terhadap rasio utang terhadap penerimaan dan rasio pembayaran bunga utang terhadap penerimaan.

 Kerentanan itu dipandang oleh BPK telah melampaui batas terbaik yang direkomendasikan oleh lembaga internasional.

Namun, ujar Said, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah membuat ketentuan mitigatif, melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 17/KMK.08/2020 tentang Strategi Pengelolaan Utang Negara Jangka Menengah Tahun 2020-2024. 

Beleid inilah yang dirujuk oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan dalam menjalankan kebijakan utang pemerintah. Karena itu, kata Said, posisi utang Indonesia ini tidak perlu panik.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Parlementaria

tags
Artikel Rekomendasi