Perusahaan Tak Bayar THR Pekerja Secara Penuh, DPR: Kemenaker dan Disnaker Beri Tindakan Tegas

Agus Satia Negara - Rabu, 14 April 2021, 11:29 WIB

Ilustrasi Uang THRIlustrasi Uang THR/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Legislatif meminta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bersikap lebih tegas kepada perusahaan untuk mewajibkan memberikan tunjangan hari raya (THR).

Pemberian THR tersebut diberikan kepada para pekerja maksimal H-7 hari raya Idulfitri.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin dan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri No. 6 Tahun  2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. 

"Kemenaker dan Pemerintah Daerah melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) perlu untuk memastikan perusahaan membayar THR kepada pekerja tepat waktu dan sesuai peraturan yang ditetapkan," tegas Azis dalam keterangan resminya, Rabu 14 April 2021.

Selain itu, Azis juga berharap para pengusaha berkomitmen untuk membayar THR secara penuh dan tepat waktu bagi seluruh pekerja.

Baca juga: 10 Tips agar Gigi dan Mulut Tetap Sehat Selama Berpuasa

Pasalnya, pemerintah juga telah memberikan stimulus kepada pengusaha di tengah pandemi Covid-19, mengingat roda perekonomian sudah mulai bergerak dan kegiatan perekonomian masyarakat sudah mulai merangkak naik.  

"Untuk itu, Kemenaker dan Disnaker harus aktif mengawasi pelaksanaan pembayaran THR dan membentuk call center pengaduan pembayaran THR sebagai sarana informasi dan pelaporan pelaksanaan pembayaran THR," ujarnya.

Editor: Agus Satia Negara

Sumber: DPR RI

tags
Artikel Rekomendasi
terkait