Perusahaan Kapal Selam Korea Selatan Sebut Collapse Death KRI Nanggala-402 Hanya 200 Meter

Firda Rachmawati - Jumat, 23 April 2021, 14:30 WIB

Berikut 53 daftar kru kapal KRI Nanggala-402/Anna Bakker/Twitter/GNFI

FIXINDONESIA.COM - Pejabat dari Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Korea Selatan, Ahn Guk hyeon mengatakan bahwa collapse death (kedalaman dimana badan kapal gagal bertahan) KRI Nanggala-402 adalah 200 meter.

Hal itu berdasarkan penelitian saat perusahaan tersebut memperbaiki struktur dan sistem internal kapal pada 2009 hingga 2012.

Sementara itu, menurut sekretaris dari Submarine Institute of Australia Frank Owen, kapal selam itu mungkin berada di kedalaman yang terlalu dalam untuk dioperasikan oleh tim penyelamat.

Baca juga: Dukung Larangan Takbir Keliling, Polri Akan Lakukan Sosialisasi

Mantan kapal selam yang mengembangkan sistem penyelamatan kapal selam Australia itu mengatakan kapal Indonesia tidak dilengkapi dengan kursi penyelamat di sekitar pintu keluar yang dirancang untuk penyelamatan bawah air. 

Dia menjelaskan, kapal selam penyelamat akan membuat sambungan tahan air ke kapal selam yang cacat dengan apa yang disebut skirt fittes dipasang di atas kursi penyelamat sehingga palka dapat dibuka tanpa kapal selam yang cacat diisi dengan air.

Dua puluh satu kapal perang, tiga kapal selam, dan lima pesawat sedang mencari kapal selam itu. Singapura, Malaysia, dan India masing-masing telah mengirim kapal selam penyelamat, menurut Institut Angkatan Laut Amerika Serikat .

Baca juga: Warner Bros Rilis Trailer Film The Conjuring: The Devil Made Me Do It, Tonton Videonya di Sini

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Usa Today

tags
Artikel Rekomendasi