Perempuan Wajib Tahu! Kenali Gejala- Gejala Jerawat Saat Menstruasi

Inggit Anjani Eka Putri | Rinda Suherlina - Kamis, 25 November 2021, 23:00 WIB

FIXINDONESIA.COM- Perempuan wajib tahu! Kenali gejala- gejala jerawat saat menstruasi.

Jerawat menstruasi berbeda dari jerawat khas yang terjadi selama berminggu-minggu, lain dari siklus menstruasi. Jerawat yang muncul akibat menstruasi, biasanya muncul di bagian bawah wajah (dagu, pipi), rahang, dan leher. 

Dilansir dari Flo.health, jerawat menstruasi biasanya berwarna merah, meradang, tonjolan yang menonjol (papula), yang jarang berkembang menjadi pustula (papula dengan nanah). 

Jerawat menstruasi bisa sangat membuat frustrasi, tetapi cobalah untuk tidak meremasnya. Ini bisa membuat mereka lebih buruk dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pergi.

Baca juga: Pernah Merasakan Kram Perut Tapi Tidak Menstruasi? Inilah Alasannya

Baca juga: Olahraga Saat Menstruasi, Boleh? Ini Penjelasannya

Hal itu bisa terjadi karena, perubahan kadar hormon mungkin menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat menstruasi. Testosteron tetap pada tingkat yang konstan selama seluruh siklus menstruasi, sementara estrogen dan progesteron turun saat mendekati periode.

Ini berarti bahwa sebelum dan selama menstruasi, kadar testosteron mungkin lebih tinggi daripada estrogen atau progesteron.

Peningkatan kadar progesteron di tengah siklus merangsang produksi sebum. Minyak alami ini dapat menyumbat pori-pori. Ini, bersama dengan faktor tambahan, berkontribusi pada pembentukan jerawat. 

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi