Perbedaan Antara Stres dan Kelelahan, Simak Cara Mengenalinya

Agus Satia Negara | Firda Najmi Amaludin - Sabtu, 6 Maret 2021, 21:20 WIB

Ilustrasi: Cara mengenali perbedaan stres dan kelelahanIlustrasi: Cara mengenali perbedaan stres dan kelelahan/Bellinon/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Selepas melakukan aktivitas selama seharian penuh, pastinya Anda merasakan efek setelahnya. Apakah itu efek stres atau efek kelelahan.

Berikut penjelasan dari perbedaan antara stres atau kelelahan beserta cara mengenalinya.

Terkadang sering digunakan istilah "stres" dan "kelelahan" secara bergantian. Keduanya memiliki pesan yang hampir sama namun sangat berbeda dalam pengartiannya.

Pertama, stres yang bersifat sementara atau terkait dengan peristiwa tertentu adalah bagian normal dari kehidupan yang kita semua alami dari waktu ke waktu.

Namun, kelelahan adalah respons terhadap stres yang berkepanjangan dan berlebihan yang membuat Anda terkuras secara mental dan fisik, sinis, terlepas, dan akibatnya kurang efektif. Jika tidak terselesaikan, kelelahan dapat menyebabkan kondisi kesehatan mental seperti depresi klinis .

Bagaimana tanda-tanda yang muncul saat mengalami kelelahan?

Baca juga: SEDANG TAYANG! Ikatan Cinta, Sabtu 6 Maret, Akankah Aldebaran Berhasil Menemukan Andin?

Beberapa gejala kelelahan mirip dengan gejala yang muncul saat stres. Namun, dengan stres, gejala umumnya mereda ketika peristiwa (misalnya seperti presentasi besar di tempat kerja) telah berlalu. Jika gejalanya lebih parah dan bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama, itu bisa menjadi indikasi kelelahan.

Editor: Agus Satia Negara

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi