PENTING Nih Ibu-Ibu, Begini Cara Lapor Online Kalau Belum Pernah Dapat Bansos

Rinda Suherlina - Minggu, 12 September 2021, 12:21 WIB

BansosCara lapor online kalau belum pernah dapat bansos/Dok. Istimewa

FIXINDONESIA.COM - Berikut adalah salah satu cara memberikan laporan apabila belum pernah menerima bansos dan merasa layak mendapat bansos Kemensos.

Melalui fitur Usul Sanggah yang ada dalam aplikasi Cek Bansos yang disediakan Kemensos, setiap masyarakat bisa melaporkan apabila belum kebagian bansos Kemensos.

Kementerian Sosial melalui Aplikasi Cek Bansos telah mengembangkan menu baru bernama Usul Sanggah untuk melaporkan soal bansos Kemensos.

Baca juga: PENGUMUMAN Belum Terima Bansos? Begini Cara Lapor Via Aplikasi Cek Bansos

Aktivasi menu “usul” dan “sanggah” ini merupakan terobosan dari permasalahan data selama ini, yakni adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan tapi tidak dapat (exclusion error), dan ada yang tidak berhak tapi mendapatkan bantuan (inclusion error).

Dengan adanya Aplikasi Cek Bansos dan menu tambahan Usul Sanggah ini, masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam pengawalan bantuan sosial.

Kemudian, untuk mendukung transparansi penerima bantuan agar di setiap kelurahan dipampang data penerima bantuan, misalnya BPNT dan PKH kendati ada item-item komponen yang berbeda untuk anak SD, SMP dan SLTA.

Baca juga: Sudah Download Whatsapp? Yuk Cek Bansos BSU Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Rp1 Juta

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi