Pekerja Wajib Tahu! Ini Jadwal Pencairan THR Lebaran 2021

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 12 April 2021, 19:10 WIB

Dokumen yang Wajib Dibawa Saat Pencairan BSU Guru Honorer Rp1,8 Juta di BankPekerja Wajib Tahu! Ini Jadwal Pencairan THR Lebaran 2021 /FIXINDONESIA.COM/FIXINDONESIA.COM/FIXINDONESIA.COM

FIXINDONESIA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengeluarkan jadwal pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan (termasuk lebaran Idul Fitri) tahun 2021.

Jadwal pembayaran dan seluruh aturan lengkapnya tertuang dalam SE pelaksanaan THR berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Dalam surat edaran berdasarkan hasil kesepatakan pemerintah dengan Tripartit, Dewan Pengupahan Nasional dan serikat buruh tersebut dijelaskan bahwa jadwal pembayaran THR Idul Fitri 2021 dilaksanakan paling lambat 7 hari sebelum lebaran/Hari Raya Idul Fitri. 

Baca juga: Tinjau Langsung Lokasi Bencana Gempa Malang, Ini Pesan Kepala BNPB

Adapun bagi pengusaha yang tidak mampu bayar dalam batas waktu yang ditentukan tersebut boleh melakukan pencairan THR H-1 lebaran dengan berbagai ketentuan.

"Pengusaha tidak mampu bayar THR lakukan dialog dengan buruh untuk sampai kesepakatan yang dibuat secara tertulis dengan syarat paling lambat dibayar sehari sebelum hari raya," ungkap Menaker Ida Fauziyah saat konferensi pers virtual, Senin 12 April 2021 di Jakarta. 

Baca juga: WAJIB! Perusahaan Tak Bayarkan THR 2021 Bakal Dikenakan Sanksi

Sementara itu, bagi perusahaan yang tidak membayarkan THR Lebaran Idul Fitri 2021 akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 36 tahun 2021 tentang pengupahan pasal 9 ayat 1 dan 2. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi