Partai Demokrat Kubu Moeldoko Ajukan Judicial Review AD/ART ke Mahkamah Agung

Ikhsan Taufik Ramadhan - Selasa, 28 September 2021, 19:00 WIB

Partai Demokrat Kubu Moeldoko Ajukan Judicial Review AD/ART ke Mahkamah AgungPartai Demokrat Kubu Moeldoko Ajukan Judicial Review AD/ART ke Mahkamah Agung/Instagram @yusrimahendra

FIXINDONESIA.COM - Partai Demokrat kubu Moeldoko dikabarkan telah mengajukan judicial review terkait AD/ART Partai Demokrat yang telah disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly ke Mahkamah Agung (MA). 

Kubu Moeldoko yang diisi oleh empat mantan anggota Partai Demokrat menggandeng Mantan Menteri Sekertaris Negara Yusril Ihza Mahendra sebagai kuasa hukum dalam gugatan tersebut.

Yusril menjelaskan bahwa pengajuan judicial review tersebut dimaksudkan untuk menguji secara formil dan materil terkait dengan AD/ART Partai Demokrat tersebut.

Baca juga: SBY Mendadak Bilang Hukum Bisa Dibeli Tapi Tidak untuk Keadilan, Ada Apa Nih?

"Judicial review dimaksud meliputi pengujian formil dan materil terhadap Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/RT) Partai Demokrat Tahun 2020 yang telah disahkan Menkumham tanggal 18 Mei 2020," kata Yusril dalam siaran pers, Kamis 23 September 2021.

Berdasarkan perintah Undang-Undang dan delegasi yang diberikan UU Partai Politik terkait pembuatan AD/ART. Yusril menilai bahwa Mahkamah Agung memiliki kewenangan untuk menguji AD/ART partai politik.

"Nah, kalau AD/ART Parpol itu ternyata prosedur pembentukannya dan materi pengaturannya ternyata bertentangan dengan undang-undang, bahkan bertentangan dengan UUD 1945, maka lembaga apa yang berwenang untuk menguji dan membatalkannya? Ada kevakuman hukum untuk menyelesaikan persoalan di atas," ujar Yusril.

Baca juga: Kasus Haris Azhar VS Luhut, Polisi Bakal Lakukan Hal Ini

Editor: Ikhsan Taufik Ramadhan | Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi