Pakar Obat Tradisional Jelaskan Manfaat Herbal untuk Obat Covid-19

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 17 Juni 2021, 19:50 WIB

ilustrasi: manfaat jahe bagi kesehatan tubuhilustrasi: Pakar Obat Tradisional Jelaskan Manfaat Herbal untuk Obat Covid-19/Couleur/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Obat-obatan Tradisional Holistik, Nur Tjahjadi mengungkapkan, obat-obatan tradisional bisa menjadi alternatif pengobatan Covid-19. 

Namun menurutnya, sebelum disahkan menjadi obat harus melalui uji klinis apakah memang bisa digunakan masyarakat dan tidak ada risiko.

Tjahjadi menyatakan, Indonesia memiliki lebih dari 3.000 bahan herbal dan beberapa di antaranya berhasil menetralisir Covid-19.

Baca juga: Daftar Direksi Terbaru PLN Usai Dirombak Erick Thohir

Baca juga: Ridwan Kamil: Vaksin dan Covid-19 Varian Baru Sedang Berlomba!

“Saya sedang meracik delapan bahan herbal di antaranya yang menurut saya berhasil adalah jahe, daun salam, bunga cengkeh, rimpang, lengkuas. Lima bahan herbal itu menurut saya mampu menjadi penetral Covid-19 yang saya racik di dapur saya sendiri. Selebihnya, masih dalam tahap uji coba mandiri,” ujarnya.

Dia menambahkan, beberapa negara di dunia sudah mengupayakan pengakuan pengobatan tradisional sebagai alternatif.

Di India misalnya, masyarakatnya kerap memakai bahan herbal bernama ayuverda. Selain India, China juga menggunakan obat herbal dalam penanganan Covid-19 bernama Lianhua Qingwen dan itu diakui.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Majelis Ulama Indonesia

tags
Artikel Rekomendasi