Owalah Kaum Milenial Wajib Tahu, Nama Indonesia Ternyata Diberikan oleh Ilmuwan Asing

Rinda Suherlina - Minggu, 26 September 2021, 18:07 WIB

Salah satu Budaya IndonesiaSalah satu Budaya Indonesia/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Indonesia telah menjadi negara merdeka dan berdaulat sejak diproklamasikan Soekarno-Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta.

Namun apakah kaum milenial tahu, bahwa nama Indonesia sebenarnya bukan diberikan oleh orang Indonesia asli. Pemberi nama ini adalah ilmuwan asing. 

R.E Elson dalam karya yang berjudul The Idea of Indonesia: A History melacak gagasan pemberian nama Indonesia.

Dalam karyanya itu, Elson mengungkapkan bahwa nama Indonesia pertama kali digagas oleh seorang ilmuwan sosial yang juga seorang pelancong asal Inggris yang bernama George Samuel Windsor Earl pada tahun 1850.

Baca juga: Link Live Streaming TVRI, Tim Bulutangkis Indonesia VS Rusia di Piala Sudirman 2021

Earl ketika itu menyebutkan nama Indu-nesians untuk menyebut cabang ras Polinesia yang menghuni kepulauan hindia. Earl saat itu menyebut Indu-nesians untuk kepentingan etnografis.

Gagasan Earl ini ditolak oleh Ilmuwan lain, yang juga koleganya. James Logan. Menurut Logan penyebutan nama Indu-nesians untuk kepentingan etnografis kurang tepat. Nama Indonesia lebih tepat untuk menunjuk wilayah geografis.

Logan kemudian mempopulerkan kata Indonesia dan Indonesian. Indonesia menurut Logan adalah untuk menunjuk wilayah geografis Indonesia, sedangkan Indonesian adalah untuk menunjuk Indian Archipelagian atau Archipelagic. 

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi