Nasabah Mandiri Segera Ganti Kartu ATM ke Chip, Jika Tidak Ingin Diblokir Besok

Firda Najmi Amaludin - Rabu, 31 Maret 2021, 17:01 WIB

ilustrasi: Nasabah Mandiri Pastikan Ganti Kartu ATM ke Chip, Jika Tidak ingin Diblokir Besokilustrasi: Nasabah Mandiri Pastikan Ganti Kartu ATM ke Chip, Jika Tidak ingin Diblokir Besok/tangkapan layar/bankmandiri.co.id

FIXINDONESIA.COM - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengimbau agar semua nasabah segera mengganti kartu debit mereka dari magnetic stripe ke chip. 

Hal tersebut selaras dengan kebijakan dari Bank Indonesia (BI) yang mewajibkan penggunaan kartu chip 100 persen mulai 1 Januari 2022. 

Dimana kebijakan tersebut mengacu pada Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Baca juga: Terakhir Hari Ini, Ganti Kartu Debit Mandiri ke Chip Sebelum Diblokir

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto menjelaskan, tujuan diberlakuan penggantin tersebut tak lain sebagai pencegahan dan mengurangi tindak kejahatan perbankan dengan modus pencurian data (skimming).

"Untuk mempercepat proses konversi tersebut, kami akan menerapkan kebijakan penonaktifan kartu debit magnetic stripe secara bertahap," kata Aquarius dikutip FIXINDONESIA.COM dari PMJ News.

Aquarius menyampaikan, ada tiga tahap dalam proses penonaktifan kartu debit magnetic stripe yang akan dilakukan. 

Baca juga: Terjemahan Bahasa Indonesia Lirik Lagu Bambi - Baekhyun EXO

Editor: Firda Najmi Amaludin

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi