Mudah Lelah Karena Anemia? Sembuhkan dengan 5 Makanan Penambah Darah untuk Atasi Anemia Ini!

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 27 September 2021, 13:30 WIB

ilustrasi: sayur bayamilustrasi: Mudah Lelah Karena Anemia? Sembuhkan dengan 5 Makanan Penambah Darah untuk Atasi Anemia Ini!/Aline Ponce/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Lemah, letih, lesu merupakan gejala dari anemia, segera obati dengan 5 makanan penambah darah untuk atasi anemia ini.

Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat, atau sel darah merah yang tidak menjalankan fungsinya dengan baik.

Akibatnya beberapa organ tubuh tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup, karena sel darah merah yang seharusnya mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh tidak menjalankan fungsinya.

Baca juga: Anak Anda Punya 3 Tanda Ini? Selamat Dapat Bansos Hingga Rp4,4 Juta, Cek di Link Ini

Baca juga: 10 Makanan untuk Diet dan Depresi, Udah Tahu Belum?

Seseorang dikatakan menderita anemia jika kadar hemoglobin dalam darah kurang dari 14 gram per desiliter untuk pria, dan dibawah 12 gram per desiliter untuk wanita. Anemia digolongkan berat apabila jadar hemoglobin dalam darah kurang dari 8 gram per desiliter.

Anemia disebabkan oleh kondisi yaitu kurangnya produksi sel darah merah, kehilangan darah secara berlebihan, dan hancurnya sel darah merah yang terlalu cepat.

Cara mengobati anemia tergantung dari penyebab awalnya, bisa dengan mengkonsumsi suplemen zat besi, transfusi darah, hingga operasi.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi