Mochtar Kusumaatmadja di Mata Pakar Hukum Unila: Maha Guru yang Berintegritas dan Sederhana

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 8 Juni 2021, 9:47 WIB

YusdiyantoMochtar Kusumaatmadja di Mata Pakar Hukum Unila: Maha Guru yang Berintegritas dan Sederhana /Dok.Pribadi

FIXINDONESIA.COM - Pakar Hukum Universitas Lampung, Yusdiyanto mengungkapkan Prof. Mochtar Kusumaatmadja adalah Maha Guru yang menginspirasi mahasiswa untuk lebih maju, mumpuni dan berintegritas tetapi juga sederhana dalam mengimplementasikan ilmu dan menjalani kehidupan. 

Yusdianto menuturkan, buah pikiran Prof. Mochtar telah mengilhami banyak mahasiswa dalam mempelajari dan melakukan penulisan ilmiah yang terkait pembangunan hukum. 

"Prof. Mochtar dapat disebut “the living legend” terutama konsep Konvensi Hukum Laut 1982, dengan meneguhkan Indonesia sebagai Negara Kepulauan dan mengembangkan Konsep Wawasan kebangsaan yang kokoh," ungkapnya kepada FIXINDONESIA.COM, Selasa 8 Juni 2021. 

Baca juga: Duh Gisel Dikecam Netizen hingga Ulama NU Gegara Kuda Poni 'Aisyah'

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 17 Resmi Ditutup, Ini Solusi Agar Insentif Berhasil Diproses ke Rekening

Dalam pengabdiannya di kampus, kata Yusdianto, Prof. Mochtar pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Padjadjaran. Selain itu, Almarhum juga pernah menduduki jabatan sebagai teknokrat hukum di era Orde Baru, Menteri Kehakiman pada tahun 1974-1978 dan Menteri Luar Negeri pada tahun 1978-1988.

"Dengan konsepsi, pandangan dan pengabdiannya, telah meneguhkan Prof Mochtar merupakan tokoh penting di Indonesia yang telah paripurna. Untuk itu sudah sewajarnya Bangsa Indonesia memberikan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada beliau sebagai salah satu Pahlawan Nasional," jelasnya. 

Baca juga: Stres? Konsumsi 7 Vitamin dan Suplemen Ini

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi