Misteri Telaga Warna: Kisah Tenggelamnya Kuta Tanggeuhan Akibat Ulah Putri Raja

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 26 Agustus 2021, 20:10 WIB

Danau Telaga Malam SungaiMisteri Telaga Warna: Kisah Tenggelamnya Kuta Tanggeuhan Akibat Ulah Putri Raja/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - Misteri Telaga Warna yang mengisahkan tentang tenggelamnya negeri Kuta Tanggeuhan akibat ulah putri kerajaan. 

Kisah misteri Telaga Warga ini ditulis oleh penulis asal Jawa Barat, Eem Suhaemi dalam bentuk buku. Karya ini kemudian diterbitkan ulang pada tahun 2016. 

Bagaimana kisah misteri Telaga Warna

Misteri Telaga Warna berkisah tentang Ratu Purbamanah dan Prabu Swarnalaya, penguasa Kuta Tanggeuhan yang merasa sedih karena tidak kunjung memiliki anak. Setelah mengikuti saran ahli nujum kerajaan sang Ratu hamil. 

Baca juga: Meneladani Profil BJ. Habibie: Ternyata Ini Loh Tips Jadi Pria Favorit di Sekolah

Baca juga: Rahasia Kisah Hidup Jokowi, Presiden RI yang Harus Rela Hidup Ngontrak dan Digusur dari Bantaran Sungai

Setelah waktunya, Ratu melahirkan anak perempuan yang diberi nama Nyi Mas Ratu Dewi Rukmini Kencana wungu atau Dewi Kuncung Biru. Sang Putri anak yang manja dan berkemauan keras. Semua yang diiinginkannya harus terwujud. Ketika menginjak usia 17 tahun, Sang Putri ingin merayakan penambahan usianya dengan pesta mewah. Dia ingin memakai baju terindah dan perhiasan mewah. 

Mendengar keinginan putrinya agar setiap helai rambutnya dilapisi perhiasan emas, Prabu Swarnalaya marah. Rakyat yang begitu menyayangi sang Putri bersedia mengumpulkan harta benda dan perhiasan mereka demi memenuhi keinginan sang Putri. Ketika pesta digelar, sang Putri melemparkan semua perhiasan dari rakyat karena karena tidak menyukai bentuk perhiasan tersebut. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemendikbud

tags
Artikel Rekomendasi